Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Pemanfaatan Bahan Bekas dalam Pembelajaran di Kelompok B RA Ar-Rafif Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

  • Afifah Fatihakun Ni'mah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: motor fine skills, utilization of used materials, learning

Abstract

The purpose of this research to find the efforts of development children’s motor fine skills in group B RA Ar-Rafif, Kalasan, Sleman, Yogyakarta through utilization of used materials. The type of this research is collaborative classroom action research which is uses research model by Kurt Levin. The Method of collect data are observation, interviews, and documentation. The current data analysis are descriptive, qualitative, and quantitative. The Indicator of success minimum is very high category and children’s motor fine skills minimum 85% which develop as expected category (develop as expected and develop very well) from 12 children. This research was conducted in two cycles, each cycle consist of three meetings. The Research process are planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that: First, development children’s motor fine skills before given action 16,67% which develop as expected category (develop as expected and develop very well), the ability motor fine skills of childhood less optimal. Second, implementation utilization of used materials in learning in group B RA Ar-Rafif Kalasan can increase children’s motor fine skills. Third, development children motor fine skills after given action an increase cycle 1 of 50% (develop as expected and develop very well) and increase cycle 2 of 91,66% (develop as expected and develop very well).

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama RI. 2010. Al Qur’an dn terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Ap-likasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana
Eni Kusmiyati Elfita Kadarmayanti. 2014. Upaya Meningkatan Kemampuan Motorik Halus Keterampilan Menggunting dengan Metode Demonstrasi pada Kelompok A di BA Aisyiyah Salam 1 Salam Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Juru-san Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Tahun.
Fadillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yog-yakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hari Soetjiningsih, Christiana. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: PRENADA.
Hasan, Maimunah. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.
A. Hurlock, Elizabeth. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Irma Oktaviani Ana Sari. 2014. Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus anak melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi di Kelompok A1 TK Pertiwi 39 Trimulyo, Jetis, Bantul. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Tahun.
Jatmika, Yusep Nur. 2012. Ragam Aktivitas Harian untuk Play-group. Yogyakarta: Diva Press
Kumala Sari, Effi. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Ta-man Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam, Jurnal Pesona PAUD Vol.1 No. 1, http://journal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1615, diakses pada Rabu 19 Desember 2018 pukul 19.00.
Lita. 2017.Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya Terhadap Imajinasi Kreatif dan Soisal Emosianal Anak Usia Dini di TK Mekarraharja Talaga Majalengka Jawa Barat. Yogya-karta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
M. Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Mila Ummu Walidatul Hamidah dan Siti Rahmany Aprilina. Pen-ingkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Daur Ulang di Lingkungan Sekolah. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini. (Online), Vol 3, No 1 (2016) (http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3485/2571), diakses pada Rabu, 19 Desember 2018 pukul. 20:00.
Mudlofir, Ali dan Fatimatur Rusydiyah, Evi. 2017. Desain Pem-belajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD dalam Perspektif Is-lam. Yogyakarta: Laksana.
Prastowo, Andi. 2011. Pengembangan Sumber Belajar. Yogya-karta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-toeri Pembelajaran Motorik. Ban-dung: Nusa Media.
Rohani. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. (Online).(http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/181/164), Diakses pada Sabtu, 12 Januari 2019 pukul 11:20.
S. Sarina, M. Ali, H. Halida. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Kelompok B1 Di Tk Aba Karangbendo Banguntapan Bantul, Jurnal Pendidikan dan Pembelaja-ran. (Online), Vol 6, No 11 (2017) (https://core.ac.uk/download/pdf/33512508.pdf) diakses pada Rabu, 20 Desember 2018.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendeketan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siti Aliyah Mufid. 2017. Pemanfaatan Sampah Sebagai Alat Peraga Edukatif Bagi Siswa-Siswi Paud JDC, (Online), (https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/439/775). Vol. 1 No. 1 Januari. Diakses pada sabtu 12 Januari 2019 pukul 11.40.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono. 2009. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tamo Ina Talu, Adriani. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Daur Ulang Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol-ume 9, Nomor 2, Juni 2017, hlm. 160-170, (Online), http://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/125/101, Diakses pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 pukul 11:25.
Watini. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Metode Demonstrasi dalam Pemanfaatan Bahan Bekas pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Jamus Ngluwar Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Zainal Aqib, dkk. 2017. (PTK) Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2019-08-06
How to Cite
Ni’mah, A., & Munastiwi, E. (2019, August 6). Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Pemanfaatan Bahan Bekas dalam Pembelajaran di Kelompok B RA Ar-Rafif Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 1-15. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.52
Section
Articles