Abstract

Abstrak


 


Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan interpersonal anak, yang meliputi ketidakmampuan mereka memahami perasaan orang lain, menghargai karya teman, membentuk dan menjaga persahabatan, dan bertindak dengan cara yang menunjukkan kepada teman mereka bahwa mereka mirip dengan mereka. dan bahwa mereka memaafkan kesalahan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain rumah balok terhadap kecerdasan interpersonal siswa Kelompok A di TK Pandan Aran. Penelitian ini mengadopsi metodologi penelitian eksperimen. Sampling Non-Probabilitas, sering dikenal sebagai sampling saturasi, adalah metode sampel yang digunakan. Temuan studi menunjukkan bahwa siswa di kelompok A mampu bekerja sama dengan teman-temannya melalui kegiatan bermain peran, menjaga teman mereka dengan mengulurkan tangan saat dibutuhkan, dan berbagi makanan atau perlengkapan bermain peran. Hal ini menunjukkan bagaimana latihan bermain peran secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan kecerdasan interpersonal siswa kelompok A di TK Pandan Aran Beran Ngawi. Hasil post-test dan pre-test menunjukkan bahwa kegiatan bermain Block House berdampak pada kecerdasan interpersonal. Latihan Bermain rumah balok memiliki hasil yang lebih besar pada Kecerdasan Interpersonal setelah (perawatan).


Kata Kunci: Bermain Peran, Rumah Balok, Kecerdasan Interpersonal.


 


 


Abstract


 


This study is based on the issue of children's low interpersonal intelligence, which includes their inability to understand other people's feelings, to appreciate their friends' work, to form and maintain friendships, and to act in ways that show their friends they are similar to them and that they are forgiving of their mistakes. This study intends to investigate the impact of the block house role-playing activity on the interpersonal intelligence of Group A students at Pandan Aran Kindergarten. This study adopted an experimental research methodology. Non-Probability Sampling, often known as saturation sampling, is the sample method employed. The study's findings indicate that students in group A are able to cooperate with their friends through role-playing activities, take care of their friends by lending a hand when needed, and share food or role-playing supplies. This demonstrates how role-playing exercises significantly affect the growth of interpersonal intelligence in group A pupils at Pandan Aran Beran Ngawi Kindergarten. The outcomes of the post-test and pre-test show that Block House role-playing activities have an impact on interpersonal intelligence. Block House Role Playing Exercises had greater results on Interpersonal Intelligence following (treatment).


Keywords: Role Playing, Block House, Interpersonal Intelligence