Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 32–45. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i1.5
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). UsefulFauziddin, Mohammad, and Mufarizuddin Mufarizuddin. “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.076
Juwantara, R. A. (2019). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Mayar, Y. dan F. (2022). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358
Mirawati dkk. (2018). Jurnal Pendidikan : Early Childhood FUN COOKING : PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG. 2(1), 1–6.
Ningtyas, R. W. (2016). PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI KELOMPOK B Rizqi Wahyu Ningtyas PG PAUD , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya , Email : Rizqiwahyu91@yahoo.co.id Julianto PG PAUD , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas. 5.
Nisa, K., & Halifah, S. (2022). Temu Baur Budaya dan Matematika : Kue Tradisional Konjo pada Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 445–456. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.936
Putri, A. M., Insani, A., Hasiana, I., Pgri, U., & Buana, A. (2022). MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA BANGSA SURABAYA dapat bermanfaat bagi media sesuai dengan kebutuhan. 5(2).
Sari, F. K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 11–22.
Sari, S. K., Izzati, I., & Ismet, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 149–155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.275
Wahyuningsih, W. (2021). Pengenalan Warna dan Bentuk Geometri Dengan Media Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 410–418. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055
Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING.
Permendikbud. (2014). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.
Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
- Abstract viewed - 58 times
- PDF downloaded - 58 times
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Affiliations
Evita Fitri
Universitas Negri Padang
Yaswinda Yaswinda
Universitas Negeri Padang
How to Cite
PENGARUH PERMAINAN RABA DAN CARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GEOMETRI ANAK USIA 5-6
Vol 6 No 02 (2022): ijecie
Submitted: Nov 20, 2022
Published: Dec 15, 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari permainan raba dan cari pasangan pada ketrampilan geometri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini di TK Zalfa Padang. Akumulasi data yang dilakukan dengan memberikan permainan raba dan cari pasangan untuk kelas eksperimen dan permainan balok untuk kelas kontrol setelah itu peneliti dan guru menilai berdasarkan instrumen yang telah dibangun jumlah instrument sebanyak 4 butir item. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 30 sampel dimana 15 sampel kelas eksperimen dan 15 kelas kontrol. Pada teknik analisis data kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil n-gain score yang telah didapatkan dalam penelitian ini, pada kelas kontrol yaitu 0,55 yang dikategorikan sedang sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,81 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil uji t yang didapatkan 0,003 < 0,05 sehingga disimpulkan yaitu terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan raba dan cari pasangan berpengaruh dalam keahlian untuk memahami bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Zalfa Padang.