Potensi Kecerdasan Linguistik pada Anak Usia Dini melalui Mendongeng Di Rumah Baca Madina Kota Metro

  • Uswatun Hasanah IAIN Metro
  • Durotun Nasyikhah
  • Umi Saidah Khoiriah
Keywords: Linguistic intelligence, storytelling, early childhood.

Abstract

The Children have linguistic intelligence in a great ways. During childhood, from birth to 6th years old, the children never learn vocabulary specifically. When teachers tell stories, children will gradually play important games and not only in developing interest and reading habits, but also in developing children's language and thoughts. Early childhood is a great imitator, whatever we say and do will be attached to the child, so we as adults must be able to control our speech and behavior in front of early childhood, because that will have an effect in the future. One method that can be used in developing aspects of children's language is the storytelling method.


References

Andi Yudha, Kenapa Guru Harus Kreatif, (Jakarta:Mizan, 2007)
Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012).

Al-Qudsy, Muhaimin dan Nurhidayah,Ulfah, Mendidik anak Lewat Dongeng.(Yogyakarta : Madania, 2010).
Asri Rodiyah. Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 3-4 Tahun Pada Play Group Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Surabaya, Volume 2, Nomor 1, Januari 2013.

Awam Prakoso, 20 Cerita Kak Awam, (Jakarta: Yayasan Kampung Dongeng Tunas Bangsa, 2019).

Awam Prakoso, Workshop Kemah Mendongeng, 29-31 Maret 2019 di Glompong
Bandar Jaya Lampung Tengah

Bimo. Mahir Mendongeng, Membangun Dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita. (Yogyakarta: Pro-U Media, 2011).

Choirul Ummah. “Pengaruh Metode Bercerita Bermedia Flip Chart Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Pucung Balong panggang Gresik”. Jurnal PG-PAUD ,Vol, 2 No.4 (Maret 2012)

Departemen Pendidikan Nasional. Kurikulum TK, (Jakarta,2004).
Depdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 (Jakarta: Mini Jaya Abadi, 2003).
Fahrima Widya Agustina, “Analisis Penerapan Metode Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Rejo Mulyo Jati Agung:, Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Raden Intan Lampung, 2018,

Helmawati, Mengenal dan Memahami PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015)

Heru Kurniawan, Kreatif Mendongeng Untuk Kecerdasan Jamak Anak,(Jakarta: Prenada, 2016)

Irna Laila Nuril Husna, “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di RA IP Qurrota A’yun Ngrandu Nglorong Sragen TA 2015/2016”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. (Medan: Perdana Publishing). 2016

Ni Kd. Dewi Wahyun, “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Tk Putra Sesana Antiga, Karangasem”. e- Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Ni Wyn. Tara Indahyani, “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Buku Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B”. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Volume 2 No 1 Tahun 2014)

Niluh Dewi Kristiani. “Hubungan Metode Bercerita Dengan Kemampuan Anak Berbicara Di Kelompok B PAUD Madamba Palu”, Vol 3, No 1 (2016).

Partini, Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini,(Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2010).
Priyono, Kusumo. Terampil Mendongeng, (Jakarta : Grasindo, 2006)
Uswatun Hasanah, Konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences Dalam perspektif Munif Chatib, Jurnal Tarbawiyah, Vol. 12, No.2, Edisi Juli-Desember 2015.
Published
2019-08-06
How to Cite
Hasanah, U., Nasyikhah, D., & Khoiriah, U. (2019, August 6). Potensi Kecerdasan Linguistik pada Anak Usia Dini melalui Mendongeng Di Rumah Baca Madina Kota Metro. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 16-26. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.39
Section
Articles