Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan pranikah yang digunakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan dan mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan pranikah, serta menguraikan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan pranikah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang hanya memfokuskan pada satu fenomena yang ingin diteliti. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data, lalu menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah penyuluh Kantor Urusan Agama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum yang digunakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan adalah kurikulum yang terdapat pada Peraturan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam No. DJ/II/542 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pranikah dan juga Modul Bimbingan Pranikah yang disusun oleh Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Adapun dalam modul tersebut terdapat materi pembekalan terhadap keluarga dan berbagai penyelesaian permasalahan di keluarga, adapun strategi yang sering digunakan dalam metode pembelajaran pendidikan pra nikah ini adalah sungai kehidupan, ceramah, dan presentasi, serta evaluasi dilakukan dengan ujian tulis yaitu pre test dan post test sesuai modul fasilitator. Sementara proses pembelajaran dalam pendidikan pranikah dipersiapkan dengan diberikan modul khusus untuk calon pengantin dengan judul Fondasi Keluarga Sakinah yang diberikan oleh Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dengan jam pelajaran selama 16 jam perminggu. Adapun kendala dalam pendidikan pranikah yang terdapat pada faktor internal yaitu sarana prasarana, sedangkan faktor eksternal dalam pendidikan pranikah adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti pendidikan pranikah.