ANALISIS ENTREPRENEURSHIP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

(Studi Kasus Terhadap Pengusaha Cafe Mentari 99 Dusun Sidokembang Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik)

  • kholishudin muhammad STAI Al Azhar Menganti Gresik
Keywords: Entrepreneurship , Ekonomi, Islam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Entrepreneurship Dalam Eknonomi Islam dan juga untuk mengetahui Entrepreneurship pengusaha Cafe Mentari  99 Dusun Sidokembang Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik dalam perspektif Ekonomi Islam jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah jenis data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi.

      Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Konsep Entrepreneurship Dalam Ekonomi Islam adalah segala kegiatan bisnis yang diusahakan secara perniagaan dengan rangka memproduksi barang atau jasa dengan jalan tidak bertentangan dengan Syariat Islam. Untuk dapat membawa berkah dan tetap menjalankan usahanya dengan memperhatikan keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat. Entrepreneurship dalam Perspektif Ekonomi Islam pada pengusaha Cafe Mentari 99 ialah menerapkan kejujuran, tidak boros dan kikir. Pelayanannya yang cepat, bisnis sambil ibadah, dan menerapkan sopan santun.  Pola Entrepreneurship yang diterapkan oleh pengusaha Cafe Mentari 99 tidak hanya melihat keuntungan dunia saja tapi juga untuk mencapai fallah dan maslahah.

 

 

References

Alma, Buchari, and Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah: Penuntun Perkuliahan Bagi Para Mahasiswa, Pencerahan Bagi Para Pedagang, Pengembangan Marketing Syariah/spiritual Marketing Bagi Para Pengusaha. Cet 1. Bandung: Alfabeta, 2009.
Al-Quran. “7 (Al-A’rāf): 10,” n.d.
———. “31(Luqmān): 20,” n.d.
———. “67 (Al-Mulk): 15,” n.d.
Amir, Amri. Ekonomi dan Keuangan Islam. Edited by Junaidi Junaidi and Subhan Subhan. Edisi 1. Jakarta: Pustaka Muda, 2015.
Antoni. “Muslim Entrepreneurship: Membangun Muslim Peneurs Characteristics Dengan Pendekatan Knowladge Based Economy.” El-Hikam 7, no. 2 (2014). http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhikam/article/view/1422.
Firmansyah, Muhammad, and Anita Roosmawarni. Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Edisi 1. Pasuruan: Qiara Media, 2019.
Ibrahim, Azharsyah, Erika Amelia, Nashr Akbar, Nur Kholis, Utami Aprilliani, and Nofrianto. Pengantar Ekonomi Islam. Edisi 1. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia, 2021.
Malahayati. Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah. Cet 1. Yogyakarta: Great Publisher, 2010.
Muhammad, Mahmuda Mulia. “Social Entrepreneurship Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah.” El-Iqthisadi 2, no. 2 (2020). https://doi.org/10.24252/el-iqthisadi.v2i2.18352.
Mustaqim, Yunus -. “Membangun Entrepreneurship Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 2, no. 2 (2019): 58–78. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i2.3906.
Prasetyani, Dwi. Kewirausahaan Islami. Edisi 1. Surakarta: Djiwa Amarta Press, 2020.
Shihab, Moh Quraish. Berbisnis Dengan Allah. Cet. 1. Jakarta: Lentera Hati, 2008.
Suryana, Yuyus, and Kartib Bayu. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Edisi 2. Jakarta: Kencana, 2010.
W. Creswell, Jhon. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches, 3rd Ed. Los Angeles: Sage Publications, 2013.
Yusanto, Muhammad Ismail, and Muhammad Karebet Widjajakusuma. Menggagas Bisnis Islami. Cet 1. Jakarta: Gema Insani, 2002.
Published
2023-05-04
How to Cite
muhammad, kholishudin. (2023, May 4). ANALISIS ENTREPRENEURSHIP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. JCEE, 1(1), 1-10. Retrieved from http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/jcee/article/view/487