Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan karakter anak usia dini 5-6 tahun melalui budaya sekolah di TK Negeri 9 Buton. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan analisis yang terdiri atas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang sengaja guru terapkan seperti menghafalkan surah-surah pendek dan do’a sehari-hari, memperagakan shalat dhuha, bertutur kata yang sopan, menghormati orang yang lebih tua, belajar berpuasa serta bersedekah di bulan suci Ramadhan. Adapun kegiatan teladan tidak sengaja meliputi saling menyapa memberi salam dan berjabat tangan, serta memohon maaf jika melakukan kesalahan. Hasil penelitian ada 11 peserta didik terdiri enam perempuan dan lima laki-laki, dengan menggunakan metode pembelajaran Uswah Hasanah yakni sikap keteladanan yang diberikan oleh guru kepada 11 peserta didik menunjukkan bahwa karakter yang dibangun melalui budaya sekolah telah berkembang dengan baik. Dari penelitian disimpulkan bahwa membangun karakter melalui budaya sekolah dengan menerapkan nilai moral dan agama kepada anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri 9 Buton telah tercapai sesuai tujuan pembelajaran yang ditetapkan sebagai indikator pelaksanaan aspek nilai-nilai moral dan agama. 


Kata Kunci: Karakter, anak usia dini, budaya sekolah.


Abstract


This study aims to determine the application of the character of early childhood 5-6 years through school culture in TK Negeri 9 Buton. The type of research used by the author is qualitative research. Research data were collected through observation, interviews and documentation, then analyzed using three stages of analysis consisting of data reduction, data display and drawing conclusions. The results showed that the activities that the teacher deliberately implemented were memorizing short letters and daily prayers, demonstrating dhuha prayers, speaking polite words, respecting elders, learning to fast and giving alms in the holy month of Ramadan. The exemplary activities include accidentally greeting each other by greeting and shaking hands, and apologizing if you make a mistake. The results of the study were 11 students consisting of six girls and five boys, using the Uswah Hasanah learning method, namely the exemplary attitude given by the teacher to 11 students showing that the character built through school culture had developed well. From the research it was concluded that building character through school culture by applying moral and religious values ​​to early childhood 5-6 years in TK Negeri 9 Buton has been achieved according to the learning objectives set as indicators of the implementation of aspects of moral and religious values.  


Keywords: Character, early childhood, school culture.