PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan interaksi sosial anak yang pada awal-awal masuk sekolah kurang bagus. Kemampuan interaksi sosial anak sangat penting untuk distimulasi sejak dini. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pendekatan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Subjek penelitian adalah TK Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang di dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. AdapunTeknik pengumpulan data yang dilakukan pertama yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama perencanaan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak. Kedua, pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Ketiga, peran guru dalam menstimulasi kemampuan iteraksi sosial anak. Keempat, cara guru dalam menstimulasi kemampuan interkasi sosial anak. Kelima perilaku interaksi sosial anak. Keenam, kemampuan interaksi sosial anak berkembang cepat. Ketujuh, faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak. Kedelapan, cara interaksi sosial anak dengan temannya. Kesembilan, cara interaksi anak dengan guru. Kesepuluh pendekataan pembelajaaran yang digunakan dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Stimulasi Kemampuan Interaksi Sosial, Kemampuan Interaksi Sosial Anak
Abstract
This research is motivated by the ability of children's social interaction in the early days of entering school is not good. Children's social interaction skills are very important to be stimulated from an early age. So the purpose of this study is to describe the learning approach in stimulating children's social interaction skills. This type of research is descriptive research using a qualitative approach. To see how the learning approach stimulates children's social interaction skills in the Laboratory Development Kindergarten, State University of Padang. The subject of the research was the Laboratory Development Kindergarten of Padang State University in Padang and the research informants were the principal and class teacher. The first data collection technique is observation, interviews and documentation. The results of this study are the first learning planning in stimulating children's social interaction skills. Second, the learning approach used by the teacher. Third, the teacher's role in stimulating children's social interaction skills. Fourth, the teacher's way of stimulating children's social interaction skills. The fifth behavior of children's social interaction. Sixth, children's social interaction skills develop rapidly. Seventh, factors that influence children's social interactions. Eighth, the way children's social interactions with their friends. Ninth, the way the child interacts with the teacher. The ten learning approaches used in stimulating children's social interaction skills.
Keywords: Learning Approach, Stimulation of Social Interaction Ability, Children's Social Interaction Ability
References
Awalia, H.R. 2016. Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
Chairilsyah, D. 2015. Metode dan Teknik Mengajarkan Budaya Antri pada Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 4(2): 79–84.
Fitriyana, R., Zwagery, R.V. & Safitri, J. 2019. PERBEDAAN PERILAKU MENOLONG PADA ANAK USIA DINI YANG DIBERIKAN CERITA MORAL YANG MENEKANKAN EMOSI NEGATIF PENGAMAT DENGAN CERITA NONMORAL DI PAUD IDAMAN BANJARBARU COMPARISON OF HELPING BEHAVIOR IN EARLY CHILDHOOD BETWEEN MORAL STORY EMPHASIZING OBSERVER . 2: 95–101.
Goleman, D. 2016. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, O. 2007. Manajeman Pengemabngan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hayati, S.N. & Putro, K.Z. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1): 1–187. Tersedia di https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985.
Ilmi, M. & Marlina, S. 2019. Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Ekasakti Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood …, 4(1): 1–102. Tersedia di http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view.
Khotimah, H. 2017. Pengaruh Pembelajaran Afektif Terhadap Sikap Hormat Siswa Kepada Guru. Jurnal Holistika, Vol.1(2).
Liestari, Evy, Ali, Muhamad, &Lestari, S. 2014. Pembiasaan Sikap Bersalaman pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol.4(9).
Marlina, S. 2014. Peningkatan Sikap Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Buah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 14(2): 109–114.
Mayar, F. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal al-Ta’alim, jilid 1(6).
Munasih, Acih., & Nurjaman, I. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. urnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.6(1): 1–15.
Pratama, W. & Simaremare, A. 2016. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa T . A 2015 / 2016. Bunga Rampai Usia Emas, 2(2): 42–48. Tersedia di https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9424/8650.
Primayana, K.H. 2019. Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1: 321–328. Tersedia di http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya.
Regina, Sutrisno, & M. 2016. HUBUNGAN INTERAKSI SOSIALTEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SENTOSA PONTIANAK KOTA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
Rochimi, I.F. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak usia Dini, Vol.3(4).
Rusnawati 2021. Dampak Belajar Kelompok Terhadap Interksi Sosial dengan Teman sebaya Anak di TK Cokroaminoto Pinrang. Doctoral dissertation, IAIN Parepare.
Sari, D.F., Muthia, G., Syofiah, P.N. & Primasari, E.P. 2021. Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah Pada Masa Pandemi Covid–19. Journal of Community Engagement in Health, 4(1): 195–199.
Sofia, A., Fitria Anggraini, G. & Soemantri Brojonegoro No, J. 2018. Interaksi Sosial Antara Guru Dan Anak Dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 7–18.
Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Taher, S.M. & Munastiwi;, E. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthiin Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2): 35–50. Tersedia di http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2567.
Wahyuni, dan K.-K. 2022. Pengambangan Permainan Internasional Dalam Mengembangkan Sikap Tolong menolong (Kepedulian) kepada AUD di RA Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.4(3).
Yusnita, N.C. 2020. Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 5(2): 116–126.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.