Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan interaksi sosial anak yang pada awal-awal masuk sekolah kurang bagus. Kemampuan interaksi sosial anak sangat penting untuk distimulasi sejak dini. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pendekatan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Subjek penelitian adalah TK Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang di dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. AdapunTeknik pengumpulan data yang dilakukan pertama yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama perencanaan pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak. Kedua, pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Ketiga, peran guru dalam menstimulasi kemampuan iteraksi sosial anak. Keempat, cara guru dalam menstimulasi kemampuan interkasi sosial anak. Kelima perilaku interaksi sosial anak. Keenam, kemampuan interaksi sosial anak berkembang cepat. Ketujuh, faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak. Kedelapan, cara interaksi sosial anak dengan temannya. Kesembilan, cara interaksi anak dengan guru. Kesepuluh pendekataan pembelajaaran yang digunakan dalam menstimulasi kemampuan interaksi sosial anak.


Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Stimulasi Kemampuan Interaksi Sosial, Kemampuan Interaksi Sosial Anak


Abstract


This research is motivated by the ability of children's social interaction in the early days of entering school is not good. Children's social interaction skills are very important to be stimulated from an early age. So the purpose of this study is to describe the learning approach in stimulating children's social interaction skills. This type of research is descriptive research using a qualitative approach. To see how the learning approach stimulates children's social interaction skills in the Laboratory Development Kindergarten, State University of Padang. The subject of the research was the Laboratory Development Kindergarten of Padang State University in Padang and the research informants were the principal and class teacher. The first data collection technique is observation, interviews and documentation. The results of this study are the first learning planning in stimulating children's social interaction skills. Second, the learning approach used by the teacher. Third, the teacher's role in stimulating children's social interaction skills. Fourth, the teacher's way of stimulating children's social interaction skills. The fifth behavior of children's social interaction. Sixth, children's social interaction skills develop rapidly. Seventh, factors that influence children's social interactions. Eighth, the way children's social interactions with their friends. Ninth, the way the child interacts with the teacher. The ten learning approaches used in stimulating children's social interaction skills.


Keywords: Learning Approach, Stimulation of Social Interaction Ability, Children's Social Interaction Ability