PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL LAGU ANAK TEMATIK MELALUI KREATIVITAS MAHASISWA
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran merupakan suatu teknologi yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran. Diperlukan sebuah media yang inovatif yang mudah digunakan untuk anak usia dini, guna untuk mempermudah penyampainnya. Dimana pada kenyataannya lagu anak merupakan media pembelajaran yang mudah digunakan, tetapi sulit bagi guru PAUD untuk menciptakan lagu anak. Audiovisual lagu anak yang dikembangkan melalui kreativitas mahasiswa PG-PAUD STKIP Bina Insan Mandiri bertujuan untuk membantu para pendidik untuk mempermudah proses pembuatan audiovisual dengan menggunakan aplikasi kinemaster yang bisa di download di handphone. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jumlah responden 20 mahasiswa dari program studi PG-PAUD STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Tahap yang dihasilakan produk awal divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Instrumen pengumpulan menggunakan lembar evaluasi (angket) untuk uji ahli isi materi dan uji ahli media. Hasil penilaian terhadap produk media dilaksanakan berdasarkan dua aspek, yaitu: (1) ditinjau dari aspek isi materi pada lagu anak yaitu tentang tema binatang, alat transportasi, anggota tubuh, rekreasi dan kebutuhanku. Media ini termasuk dalam predikat layak dengan persentase tingkat pencapaian 85% dikatakan layak dalam hal ini adalah lirik lagu memiliki bahasa yang sederhana dan bermakna sehingga mudah diingat dan dinyanyikan oleh anak-anak; dan (2) ditinjau dari aspek media audiovisual berupa video lagu anak termasuk dalam predikat sangat layak dengan hasil persentase tingkat validasi media mencapai 80%. Sangat layak yang dimaksud yaitu dengan tampilan yang kreatif sehingga menarik dan penuh warna. Dengan demikian produk media audiovisual berupa video lagu anak melalui kreativitas mahasiswa ini memiliki tingkat validitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini.
Kata kunci: Media Audiovisual, Lagu Anak, Kreativitas
Abstract
Learning media is a technology that has the goal of conveying messages in the learning process. We need an innovative media that is easy to use for early childhood, in order to make it easier to convey it. Where in fact children's songs are learning media that are easy to use, but it is difficult for PAUD teachers to create children's songs. Audiovisual children's songs developed through the creativity of STKIP Bina Insan Mandiri PG-PAUD students aim to help educators to simplify the process of making audiovisuals using the kinemaster application which can be downloaded on mobile phones. This research is a development research using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The number of respondents was 20 students from the STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya PG-PAUD study program. The stage that resulted in the initial product was validated by media experts and material experts. The collection instrument used an evaluation sheet (questionnaire) to test the content expert and media expert test. The results of the assessment of media products were carried out based on two aspects, namely: (1) in terms of the content aspect of the children's songs, namely the themes of animals, means of transportation, limbs, recreation and my needs. This media is included in the appropriate predicate with an achievement level percentage of 85% which is said to be feasible in this case the song lyrics have simple and meaningful language so that children can easily remember and sing them; and (2) in terms of the aspect of audiovisual media in the form of children's song videos, it is included in the very proper predicate with the results of the media validation level reaching 80%. Very worthy of what is meant by a creative appearance so that it is attractive and colorful. Thus the audiovisual media product in the form of children's song videos through student creativity has a good level of validity and is suitable for use in the learning process in early childhood.
Keywords: Audiovisual Media, Children's Songs, Creativity
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Endraswara, S. (2019). Metodologi Penelitian Foklor. Yogyakarta: Medpress.
Ewata, T. O. (2015). Music & Social Criticism in Nigeria. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 2(3), 262–282.
Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. Retrieved from https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Husain, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE. Sukabumi: STAI Syamsul Ulum.
Mindradini, L. E. (2012). Penggunaan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Pembiasaan Dalam Pembentukan Nilai-nilai Moral pada Anak Kelompok B di TK Dharmahusada Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pekerti, W., & Tridjata S., C. (2014). Metode Pengembangan Seni. In: Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Rasyid, F. (2020). Cerdaskan Anakmu dengan Musik. Yogyakarta: Diva Press.
Ratri, A. K. (2016). Penerapan Metode Penciptaan Lagu Anak Berbasis Tema untuk Guru TK Negeri Pembina Srengat Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(2), 25–43. Retrieved from ttps://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.167.g59

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.