STRATEGI ORANGTUA DALAM MEMUPUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI 05 PAINAN PESISIR SELATAN

  • Vinny Rahmana Arsel Universitas Negeri Padang
  • Rismareni Pransisika
Keywords: Strategi Orangtua, Kemandirian, Anak usia dini

Abstract

Abstrak

Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan tentang kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 05 Painan peneliti melihat keunikan strategi yang dilakukan orangtua dalam memupuk kemandirian sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi orangtua dalam memupuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- kanak Bhayangkari 05 Painan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana strategi orangtua dalam memupuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 05 Painan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, sebanyak 5 orang dari Taman Kanak-kanak Bhayangkari 05 Painan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan orangtua dalam memupuk kemandirian anak, yaitu memberikan support dan semangat, pendampingan dan perhatian, berkomunikasi dan bertanggungjawab dengan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan orangtua yaitu pembiasaan aktivitas sehari-hari, secara perlahan-lahan/pelan-pelan, dan pembiasaan bercerita. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan orangtua dalam memupuk kemandirian anak yaitu berkomunikasi, pendamping dan perhatian serta memberikan semangat dan support dan pengarahan dengan pembiasaan yang dilakukan oleh orangtua yaitu pembiasaan melakukan aktivitas sehari-hari secara perlahan-lahan/pelan- pelan, dan pembiasaan berkomunikasi/bercerita.

Kata Kunci: Strategi Orangtua, Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Based observations that researchers have about the independence of children at the Bhayangkari 05 Painan Kindergarten, the researchers saw uniqueness of the strategies carried out parents fostering independence that researchers were interested in conducting research on parental strategies in fostering the independence of children aged 5-6 years in kindergarten child Bhayangkari 05 Painan. This study aims to describe how strategy parents fostering independence of children aged 5-6 years at Bhayangkari 05 Painan Kindergarten. This study uses qualitative research method with descriptive approach. The informants for study were parents, many as 5 people from Bhayangkari 05 Painan Kindergarten. Data collection techniques include observation, interview, and documentation. Data analysis techniques are performed by collecting data, collapsing data, presenting data and drawing conclusions. Data validation technique uses source triangulation technique. The results showed that activities carried out parents in fostering children's independence, namely providing support and encouragement, mentoring and attention, communicating and being responsible for the habits carried out by parents, namely habituation of daily activities, slowly/slowly, and storytelling habit. So it can be concluded that  activities carried out by parents fostering children's independence are communicating, accompanying and paying attention as well as providing encouragement and support and direction by habituation carried out by parents, namely the habit of doing daily activities slowly/slowly, and the habit of communicating/tell a story.

Keywords: Parenting Strategy, Independence, Early Childhood

References

Agustina, E. F., & Mailasari, D. U. (2018). SPOILED CHILDREN: PROBLEM DAN SOLUSI. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 332. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3479
Fadlilah, M, dkk.2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Hakim, I. A., Ratna, E., & Waty, K. (n.d.). Pendidikan informal menurut. 115–125.
Khotimah, T. H., Syukri, M., & Lukmanulhakim. (2016). Kerjasama antara guru dan orang tua dalam mengembangkan perilaku mandiri anak di tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15427
Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, R. (2015). PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI TK TUNAS MUDA KARAS. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2), 53–55. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7503
Rizkyani, Fatimah, Vina Adriany, E. S. (2019). KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MENURUT PANDANGAN GURU DAN ORANG TUA Oleh : Fatimah Rizkyani , Vina Adriany , Ernawulan Syaodih Program Studi Pendidikan Guru Pe ndiddikan Anak Usia Dini Departemen Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indon. 16(229).
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). PERAN ORANG TUA PADA KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Susanti, D. A. (2020). Bimbingan orang tua dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak usia dini. 01, 35–56.
Taliawo, O., Goni, S. Y. V. I., & Zakarias, J. D. (2019). Hubungan Kerja Sama antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–19.
Yamin, Martinis & Sanan, Jamilah Sabri. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta : Gaung Persada Press.
Published
2022-12-15
How to Cite
Arsel, V., & Pransisika, R. (2022, December 15). STRATEGI ORANGTUA DALAM MEMUPUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI 05 PAINAN PESISIR SELATAN. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 263-275. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.356
Section
Articles